Saturday, March 28, 2015

APEC

APEC (Asia-Pacific Economic Cooperation)

A.   Pengertian

APEC adalah forum utama untuk memfasilitasi pertumbuhan ekonomi, kerjasama, perdagangan dan investasi di kawasan Asia-Pasifik. Keanggotaan APEC terdiri 21 ekonomi. Australia, Brunai Darussalam, Kanada,Cili, Republik Rakyat Cina, Hongkong-Cina, Indonesia, Jepang, Republik Korea, Malaysia, Meksiko, Selandia Baru, Papua New Guinea, Filipina, Singapura, Taiwan-Cina Taipe, Thailand, Amerika Serikat, Peru, Rusia, Vietnam.

B.   Latar Belakang

     Suatu hal yang melatarbelakangi terbentuknya APEC adalah perkembangan situasi politik dan ekonomi dunia pada waktu itu yang berubah secara cepat dengan munculnya kelompok-kelompok perdagangan seperti MEE, NAFTA.
     Selain itu perubahan besar terjadi di bidang politik dan ekonomi yang terjadi di Uni Soviet dan Eropa Timur. Hal ini diikuti dengan kekhawatiran gagalnya perundingan Putaran Uruguay (perdagangan bebas). Apabila masalah perdagangan bebas gagal disepakati, diduga akan memicu sikap proteksi dari setiap negara dan sangat menghambat perdagangan bebas. Oleh karena itu, APEC dianggap bisa menjadi langkah efektif untuk mengamankan kepentingan perdagangan negara-negara di kawasan Asia Pasifik.

 

C.   Tujuan

a.   Menciptakan sistem perdagangan dan investasi yang bebas, terbuka dan adil dikawasan tahun 2010/2020 untuk ekonomi maju dan ekonomi berkembang.
b.   Memimpin dalam memperkuat sistem perdagangan multirateral yang terbuka, meningkatkan liberalisasi perdagangan dan jasa, mengintensifkan kerjasama ekonomi di Asia-Pasifik.
c.   Mempercepat proses leberalisasi melalui penurunan hambatan perdagangan dan investasi yang lebih jauh, meningkatkan arus barang, jasa, modal secara bebas dan konsisten dengan GATT.

D.   Manfaat

a.   Bagi Indonesia

a)  Sarana untuk membangun kepercayaan dan hubungan yang saling menguntungkan dengan Negara/Ekonomi mitra strategis Indonesia di kawasan.

b)  Sarana untuk meningkatkan kapasitas dan daya saing Indonesia, melalui proyek-proyek pelatihan teknis dan capacity building serta sharing of best practices.

c)  Sarana untuk memastikan bahwa pasar Asia-Pasifik tetap terbuka bagi produk ekspor unggulan Indonesia. Terjadi peningkatan total perdagangan Indonesia dengan Ekonomi APEC lainnya, yaitu sebesar US$ 276,589.1 Milyar pada tahun 2013 dibandingkan US$ 29,9 Milyar pada tahun 19891 pada saat Indonesia turut mendirikan APEC

d)  Sarana peningkatan investasi. Pada tahun 2012 tercatat total investasi portofolio yang masuk ke Indonesia dari anggota APEC lainnya adalah sebesar US$ 245,200.5 Milyar dibandingkan US$ 45,7. Milyar pada tahun 2001.

 

b.  Bagi Anggota

a)  Barang dan jasa menjadi lebih murah dan dapat meningkatkan kemampuan untuk lebih berpartisipasi dalam meningkatkan ekspor.

b)  Menciptakan lebih banyak lagi kesempatan pada tempat kerja, juga dapat membuat negara anggota untuk memenuhi kebutuhan negeri serta untuk terjalinnya kerjasama sehingga akan mempermudah dalam proses tolong menolong antara negara anggota yang secara otomatis akan menciptakan kedamaian dunia dan ketertiban internasional.

c)  Meningkatkan perdagangan bebas di kawasan Asia Pasifik.

d)  Bermanfaat dalam meningkatkan arus barang dan jasa sekaligus memajukan pertumbuhan ekonomi negara anggotanya.

e)  Meningkatkan jumlah ekspor dan impor sekaligus untuk meningktkan kerjasama terutama dalam bidang ekonomi dari para negara anggota.

f)   Memfasilitasi perdagangan dan investasi secara langsung.

g)  Sebagai salah satu wadah untuk saling bertukar pengalaman.

Share:

0 comments:

Post a Comment